logo
apply

Website pada dasarnya memiliki berbagai macam kegunaan untuk manusia. Dengan website, kita dapat menemukan berbagai hal yang ingin dicari. Mulai dari tutorial, berita, hingga informasi lainnya.

Di era canggih saat ini, kita dapat memanfaatkannya sebagai website portfolio. Fungsi portfolio ini untuk memberikan informasi kepada orang banyak mengenai data diri hingga pencapaian yang diperoleh.

Untuk lebih jelasnya, berikut akan dijabarkan mengenai apa itu website portfolio secara terperinci.

Apa Itu Website Portfolio

Website portfolio adalah sebuah situs online yang berfungsi sebagai branding diri karena isinya yang menunjukkan pencapaian-pencapaian yang telah Anda peroleh.

Isinya dapat berupa pendidikan, skill, hingga kemampuan yang Anda miliki. Intinya, sama saja dengan portfolio biasa tapi hanya tempatnya yang berbeda yaitu dibagikan secara online dalam website.

Selain mencantumkan kemampuan, Anda dapat mencantumkan karya-karya yang pernah dibuat sebagai bukti dari skill yang Anda tulis.

Oleh sebab itu, para freelancer sering menggunakan ini sebagai ajang untuk aktualisasi diri dan biasa digunakan untuk melamar pekerjaan. Pihak klien dapat melihat dengan mudah mengenai data diri Anda secara lengkap sampai karya-karya Anda.

Bagi penulis, Anda dapat mencantumkan karya berupa cerpen, puisi, esai, dan berbagai tulisan lainnya yang pernah Anda buat.

Untuk di bidang desain, bisa Anda cantumkan karya fotografi, lukisan, dan gambar seni lainnya. Karya-karya tersebut bisa dilihat dengan mudah sehingga banyak digemari oleh freelancer dan pelamar pekerjaan.

Manfaat Website Portfolio Bagi Freelancer

Freelancer atau pekerja lepas banyak menggunakan website portfolio karena banyak sekali beberapa manfaat yang mereka peroleh. Berikut adalah manfaat website portfolio bagi freelancer:

1. Arsip Karya dan Biografi

Menyimpan karya dalam bentuk fisik seringkali mengalami kendala. Lembaran kertas yang berisi tulisan atau seni gambar dan lukisan rawan untuk hilang. Oleh sebab itu, akan lebih mudah bagi freelancer untuk menyimpannya secara softfile dan online di website.

Kenapa harus online? Ini agar memudahkan Anda dalam menyimpan arsip pribadimu. Berbeda halnya jika hanya menyimpan di laptop saja (softfile), ada resiko data hilang akibat laptop error.

Namun, jika menyimpannya secara online, maka karya-karya Anda akan tersimpan rapi dan tidak akan hilang kecuali jika Anda menghapusnya. Website ini juga Anda manfaatkan untuk menyimpan biografi secara utuh mulai dari nama, pendidikan, pengalaman, hingga sertifikat dan pencapaian yang Anda raih.

2. Memperlihatkan Keunggulan Dibandingkan Kompetitior Lainnya

Manfaat website portfolio bagi freelancer selanjutnya adalah untuk memperlihatkan keunggulan dibandingkan kompetitor lainnya. Ini dibuktikan dengan meng-upload karya-karya yang pernah Anda buat sebelumnya.

Dengan begitu, situs ini cocok untuk melamar kerja bagi para freelancer. Perekrut akan melihat apa yang membedakan Anda dengan pelamar lainnya. Oleh sebab itu, tonjolkan bakat dan kelebihanmu sebaik mungkin sehingga Anda mendapatkan kesempatan lebih besar untuk diterima.

3. Branding Diri

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, membuat website untuk portfolio bermanfaat untuk branding diri. Orang dapat mengetahui seberapa profesional Anda dalam menjalankan profesi yang Anda geluti.

Kemampuan Anda akan dinilai apakah sesuai atau tidak dengan pekerjaan yang akan freelancer lamar. Semakin banyak pengalaman yang ditulis, maka nama Anda akan semakin terangkat di mata pembaca yang mengunjungi website Anda.

Selain itu, dengan membuat website, Anda terlihat lebih profesional dan serius. Hal ini karena membuat website sendiri bukanlah sesuatu yang mudah.

Diperlukan waktu dan tenaga, sehingga perekrut akan lebih mengapresiasi kemampuanmu. Sejalan dengan itu, mereka menjadi lebih mudah percaya pada Anda.

4. Lebih Mudah Dibaca Oleh Banyak Orang

Dengan membuat portfolio secara online, secara otomatis akan lebih mudah dibaca oleh banyak orang. Hal ini karena internet dan dunia digital adalah tempat dimana orang dapat mengetahui berbagai informasi dengan cepat dan mudah.

Ini akan meneruskan manfaat sebelumnya yaitu sebagai branding diri. Jika nama Anda lebih terangkat dan lebih banyak orang tahu, pekerjaan akan mudah menghampiri.

5.  Praktis dan Efisien

Selain itu, membuat website untuk portfolio bermanfaat dari segi praktis dan efisien. Anda dapat menjangkau banyak orang hanya dengan satu website yang berisi berbagai data diri Anda secara lengkap. Tidak perlu mengirim email satu-persatu ketika melamar.

Cukup bagikan tautan link website kepada klien sehingga mereka dapat dengan mudah mengetahuinya. Bisa juga Anda sematkan link porfolio di profil media sosial Anda seperti facebook dan instagram agar jangkauannya lebih luas lagi.

6. Evaluasi Diri

Seseorang yang membuat portfolio tanpa disadari membuat dirinya melakukan evaluasi terhadap diri sendiri. Hal ini karena dalam prosesnya, mereka akan memikirkan apa saja yang menjadi kelebihannya selama ini.

Mereka akan berusaha untuk menggali potensi dirinya selama ia hidup sehingga pembaca dapat dengan mudah mengetahui kemampuannya. Selain itu, pembuat portfolio secara otomatis dapat mengetahui kelemahan dirinya dan apa yang mestinya perlu ditingkatkan

7. Mengasah Skill dan Eksplor Kreativitas

Format membuat portfolio sangat bervariasi dan mengalami perkembangan tiap waktunya. Disini, Anda diuji untuk memiliki skill dan kreativitas dalam membuat portfolio agar terlihat unik, bagus, dan berbeda dibandingkan yang lainnya.

Karya yang Anda buat bisa dicantumkan tidak hanya dalam bentuk tulisan, tapi juga video dan gambar yang menarik.